Foto MoU

Selasa (18/09/2018) bertempat di ruang Ketua Pengadilan Agama Sibolga, Dekan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan menyampaikan maksud dan kedatangan mereka dan disambut langsung oleh Bapak Mhd. Harmaini, S.Ag, SH. (Ketua PA Sibolga). Setelah melakukan perbincangan yang cukup akhirnya dihasilkan kesepakatan untuk menjalin kerjasama antara Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum IAIN Padangsidimpuan dan Pengadilan Agama Sibolga yang dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU).

MoU tersebut ditandatangani oleh Dekan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum IAIN Padangsidimpuan, Dr. H. Fatahuddin Aziz Siregar, M.Ag. sebagai pihak pertama dan Ketua PA Sibolga, Mhd. Harmaini, S.Ag, SH. Sebagai pihak kedua. Adapun MoU tersebut adalah terkait dengan bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat serta pembinaan mahasiswa. Diharapkan MoU ini akan meningkatkan produk /output yang profesional dan ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa, dan kualitas pendidikan.

IAIN Padangsidimpuan memiliki semangat untuk melaksanakan amanat dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Kami datang ke Pengadilan Agama Sibolga ini salah satu bahagian dalam melaksanakan amanat dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Mudah-mudahan mahasiswa-mahasiswi kami dapat diterima dan belajar serta menggali ilmu sebanyak-banyaknya di PA Sibolga yang tercinta ini.” Kata Dekan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum IAIN Padangsidimpuan, Dr. H. Fatahuddin Aziz Siregar, M.Ag.

PA Sibolga pun dengan antusias menerima kedatangan dan kerjasama yang akan dijalankan antara kedua belah pihak. “Kami menyambut dengan antusias kedatangan pihak Kampus IAIN Padangsidimpuan serta maksud dan tujuannya. Mudah-mudahan MoU ini akan menjadi sesuatu yang baik serta sebahagian upaya dari peningkatan mutu pendidikan bagi mahasiswa Fakultas Syariah dan ilmu Hukum IAIN  Padangsidimpuan.” Tutur bapak Ketua PA Sibolga dalam sambutannya. (AdminPAsbga)

fOTO SOSIALISASI

Selasa (25/09/2018) di aula Kantor Kementrian Agama Kota Sibolga, Ketua PA Sibolga menjadi pemateri dalam acara diskusi pokjaluh (Kelompok Kerja Penyuluh Agama) Kementrian Agama Kota Sibolga. Diskusi pokjaluh ini dihadiri seluruh penyuluh Agama Kementrian Agama Kota Sibolga serta pegawai dari Kantor Kementrian Agama Kota Sibolga.

Diskusi Pokjaluh ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap triwulan sekali dengan tema atau materi yang berganti-ganti sesuai kebutuhan serta bersifat aktual. Tema diskusi pokjaluh sekarang ini yaitu “Pembagian Waris Menurut Islam”. Selain bapak ketua PA Sibolga, Bapak Penyelenggara Syariah Kementrian Agama Kota Sibolga yaitu Drs. H. Abdul Rahman, juga menjadi pemateri yang kedua.

Sebelum acara diskusi dimulai diadakan silaturahmi dan perkenalan dengan Bapak Kakanmenag Kota Sibolga yang baru yaitu Bapak Drs.H. Bahrum Saleh, MA., yang menggantikan Bapak H. Mardinal Tarigan, MA menjadi Kakankemenag Kabupaten Nias. Bapak Kakanmenag Kota Sibolga berharap agar Kemenag Kota Sibolga dapat menjalin hubungan yang lebih baik serta bersinergi dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat. (adminPASbga)

 fOTO DHARMAYUKTI     

           Hari Jum’at (12/10/2018) Dharmayukti Karini (DYK) Cabang Sibolga mengadakan kegiatan penyerahan Bantuan Dana Beasiswa (BDBS) di ruang aula Pengadilan Negeri Sibolga. Hadir pada acara Dharmayukti Karini (DYK) Cabang Sibolga yaitu Bapak Ketua PA Sibolga (Mhd. Harmaini, S.Ag, S.H), Bapak Ketua PA Pandan (Drs. Irmantasir), Bapak Ketua PN Sibolga (Martua Sagala, SH, MH), dan para Pengurus  serta Anggota Dharmayukti Karini Cabang Sibolga.

Penyerahan Bantuan Dana Beasiswa (BDBS) Dharmayukti Karini Cabang Sibolga merupakan salah satu acara peringatan Hari Ulang Tahun Dharmayukti Karini ke-XVI tahun 2018 dengan tema “Dengan BDBS, Dharmayukti Karini mengantarkan putra-putri dilingkungan Mahkamah Agung RI menjadi generasi yang mandiri dan bertanggung jawab”.

Penyerahan Bantuan Dana Bea Siswa (BDBS) kepada beberapa orang siswa yang merupakan anak-anak dari pegawai pemerintah non pegawai negeri (PPNPN) PA Sibolga, PA Pandan, PN Sibolga serta salah satu PPNPN di PA Sibolga yang juga sementara masih menempuh kuliah di salah satu Kampus di Tapanuli Tengah.

Dalam sambutannya Bapak Ketua Pengadilan Negeri Sibolga, Martua Sagala, S.H.,M.H mengucapkan selamat ulang tahun Dharmayukti Karini yang ke-XVI dan beliau berpesan agar penerima  Bantuan Dana Beasiswa (BDBS) tersebut dapat meningkatkan prestasinya di sekolah dan di kampusnya agar berguna bagi Bangsa dan Negara kelak.

Inilah nama-nama penerima Bantuan Dana Beasiswa (BDBS) dari PA Sibolga:

  1. Guna Pebriasyah (PPNPN PA Sibolga).
  2. Raissya Ananda Habibi Tarihoran (anak dari Ferianto Tarihoran, PPNPN PA Sibolga).
  3. Adilla Roslina Simanullang (anak dari Aidil Putra Simanullang, PPNPN PA Sibolga).
  4. Fatih Abi Naya Pohan (anak dari Aidah Nur, SHI., PPNPN PA Sibolga).
  5. Kaira Zaskia Nabila (anak dari Karno Sudirman, SE., PPNPN PA Sibolga).

(adminPAsbga)

 

hut mari 73

Pada hari Minggu (19/08/2018) bertempat di halaman Kantor Pengadilan Negeri Sibolga, seluruh Hakim dan pegawai PA Sibolga melaksanakan Upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun RI ke-73. Turut hadir juga pada peringatan HUT MA RI ke 73 ini rombongan dari PA Pandan. Ketiga satker ini hadir dan melaksanakan acara peringatan tersebut sebagaimana surat edaran dari Sekretaris Mahkamah Agung RI nomor 1074/SEK/HM.01.2/08/2018 tanggal 9 Agustus 2018.

hut mari 731

Tepat pada pukul 08.00 WIB ketika protokoler membacakan susunan acara tanda diawalinya upacara bendera peringatan HUT MA RI ke-73 yang memiliki tema “Era Baru Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi”. Selanjutnya komandan Upacara yaitu Bapak Ilmansyah, S.Kom (Kasub Bagian Umum dan Keuangan PA Sibolga) menyiapkan barisan.

cc

Selanjutnya Inspektur Upacara mengisi tempat yang telah ditentukan dan yang bertidak sebagai Inspektur Upacara adalah Bapak Martua Sagala, SH, MH (Ketua PN Sibolga). Kemudian Inspektur Upacara memimpin seluruh peserta upacara untuk mengheningkan cipta. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan membacakan Visi dan Misi Mahkamah Agung. Selanjutnya Inspektur Upacara membacakan amanat dari Ketua Mahkamah Agung RI.

“Selamat Hari Jadi Mahkamah Agung RI ke-73 kepada seluruh warga Mahkamah Agung Republik Indonesia. Seiring bertambahnya usia Mahkamah Agung tersebut, marilah kita rapatkan barisan dan rekatkan persatuan untuk mewujudkan Badan Peradilan Indonesia yang Agung.” Ucap Insperktur Upacara ketika membacakan amanat dari Ketua Mahkamah Agung RI, Prof. DR. Hatta Ali, SH. MH.

aa

Upacara peringatan kemudian diakhiri dengan pembacaan doa oleh Ahmad Hidayatul Akbar, SHI, MH. (Hakim Pengadilan Agama Sibolga) serta acara potong kue ulang tahun MA RI ke-73 dan foto bersama seluruh warga PA Sibolga, PN Sibolga dan PA Pandan.

hut ri 73

17 Agustus 1945 merupakan merupakan hari yang paling bersejarah bagi Rakyat Indonesia karena itulah hari kemerdekaan kita, Republik Indonesia. Oleh karena itu, Pengadilan Agama Sibolga tidak mau luput dari peringatan hari besar tersebut. Pengadilan Agama Sibolga turut memperingati HUT RI tersebut dengan mengadakan apel di halaman Kantor Pengadilan Agama Sibolga.

protokol

Walaupun Pengadilan Agama Sibolga tidak dapat melaksanakan upacara bendera karena keterbatasan tempat tetapi tidak mengurangi semangat seluruh warga Pengadilan Agama Sibolga untuk memperingati HUT RI ke-73 tersebut. Peringatan HUT RI ke 73 sendiri dihadiri oleh Ketua, Hakim, Panitera, Sekretaris dan seluruh Kasubbag serta Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN).

aa   

Peringatan HUT RI ke-73 tersebut dibuka oleh Jamilah, S.Ag sebagai protokoler. Selanjutnya yang bertindak sebagai Komandan Apel adalah Aidil Putra Simanullang yang melaporkan bahwa apel peringatan HUT RI ke-73 tanggal 17 Agustus 2018 siap untuk dilaksanakan. Selanjutnya Pembina Apel, Bapak Mhd. Harmaini, S.Ag. S.H (Ketua PA Sibolga) memerintahkan untuk dilaksanakan. Selanjutnya Pembina Apel memimpin seluruh peserta apel untuk bersama-sama mengheningkan cipta, mengingat jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur berjuang untuk meraih kemerdekaan ini.

pancasila

Selanjutnya pembina apel membacakan teks Pancasila dan diikuti oleh seluruh peserta apel.

dd

Selanjutnya Karno Sudirman, SE. membacakan teks pembukaan Undang-undang dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

ee    ff

Selanjutnya pembina apel dalam amanatnya menyampaikan agar kita semua bisa mengisi hari-hari kemerdekaan ini dengan sebaik-baiknya. Para pahlawan dan para syuhada telah gugur berjuang untuk memperoleh kemerdekaan ini.

gg

Apel peringatan pun diakhiri dengan pembacaan doa oleh Mhd. Tsabbit Abdullah (Calon Hakim) dan penghormatan kepada pembina apel. (Admin IT PA Sbga)

  • 997 uc-selamat.jpg
  • 998 uc-duk.jpg
  • 999 uc-purn.jpg