PENCANANGAN PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS PENGADILAN AGAMA SIBOLGA

                Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Pengadilan Agama Sibolga untuk menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 22 Mei 2019 bertepatan dengan tanggal 17 Ramadhan 1440 H, bertempat di Ruang Lobby Pengadilan Agama Sibolga.

                Acara dimulai pada pukul 10.00 Wib dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh aparatur Pengadilan Agama Sibolga dan undangan yang hadir, lalu acara dilanjutkan dengan Pemberian kata sambutan dari Ketua Pengadilan Agama Sibolga Bapak Mhd.Harmaini, S. Ag,S.H. Dalam kata sambutannya Ketua menekankan bahwa pentingnya komitmen yang kuat dari seluruh Aparatur Pengadilan Agama sibolga dari Pimpinan yg paling atas sampai pegawai honorer untuk bekerja sama dan sama-sama bekerja dalam membangun dan menjaga Zona Integritas.

IMG 5725

   Kemudian acara dilanjutkan dengan Pembacaan Ikrar Bersama Zona Integritas yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Agama Sibolga yang diikuti oleh seluruh pegawai Pengadilan Agama Sibolga. Setelah itu Ketua Pengadilan Agama Sibolga Bapak Mhd. Harmaini, S.Ag, S.H. melakukan Penandatanganan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas, dengan didampingi dan disaksikan oleh Ketua Pengadilan Agama Pandan Bapak Irmantasir, M.H.I., Ketua Pengadilan Negeri Sibolga Bapak Martua Sagala, S.H., M.H., Kepala Kantor Kemenag Kota Sibolga Bapak Drs. H. Bahrum Saleh, M.A., Wartawan Harian Waspada Bapak Abdul Haris Sikumbang, Ketua PBH Peradi DPC Sibolga Tapanuli Tengah Bapak Sanggam M. Tambunan, S.H. dan Kepala Bank Mandiri Syariah Cabang Sibolga Bapak Zulfikar.

                Acara diakhiri dengan pemberian Cinderamata oleh Ketua Pengadilan Agama Sibolga kepada para saksi dan foto bersama.(Adminpasbga)

       Jumat (12/04/2019) bertempat di ruang tunggu Pengadilan Agama Sibolga, Ketua Pengadilan Agama Sibolga, Mhd. Harmaini, S.Ag, S.H, mengambil sumpah dan melantik Sekretaris An. Siswoyo, S.Kom, MH.NIP 19801111200904 1 001 berdasarkan Surat Keputusan Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor: 133/SEK/Kp.I/SK/II/2019 tanggal 25 Februari 2019. Bapak Siswoyo, S.Kom. M.H. sebelumnya adalah Kasubbag Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana di Pengadilan Agama Sibolga. 

Acara pengambilan sumpah dan pelantikan dihadiri oleh Hakim dan pegawai Pengadilan Agama Sibolga serta tamu undangan dari Pengadilan Agama Pandan dan Pengadilan Negeri Sibolga.

Setelah proses pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan, Mhd. Harmaini, S.Ag, S.H. pada pembinaan dan arahanya menyampaikan ucapan selamat kepada Sekretaris yang baru dilantik. beliau berpesan agar Sekretaris baru dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dengan penuh tanggung jawab dan harus mampu memetakan kekuatan (strength), kelemahan (weakness),peluang (opportunities), dan ancaman/hambatan (threats) dalam pelaksanaan tugasnya, agar berjalan efektif, efisien, berdaya guna dan berhasil guna bagi lembaga peradilan, terutama di era globalisasi dengan perkembangan teknologi dan informasi yang demikian pesatnya.

Tugas yang dilakukan oleh Sekretaris adalah  sangat penting dan berpengaruh sebagai penyangga utama penyelenggaraan administrasi badan peradilan,sehingga pada gilirannya akselerasi pencapaian visi Mahkamah Agung, yakni terwujudnya badan peradilan yang agung, segera menjadi kenyataan.” Ujar Ketua Pengadilan Agama Sibolga.

Acara pelantikan diakhiri  dengan pemberian ucapan selamat dari seluruh hadirin yang hadir serta acara foto bersama. (adminpasbga)

Pada hari Selasa, 26 Maret 2019, di ruang sidang Pengadilan Agama Sibolga diadakan rapat dan sosialisasi hasil pembinaan dari Ketua Mahkamah Agung pada tanggal 22 Maret 2019 dan Dirjen Badilag pada tanggal 23 Maret 2019 yang diikuti oleh Ketua, Sekretaris dan Panitera PA Sibolga.

Sosialisasi tersebut dibuka oleh Ibu Maharani, S.Si (Sekretaris PA Sibolga) selanjutnya dipimpin langsung oleh Bapak Mhd. Harmaini, S.Ag, SH (Ketua PA Sibolga), kemudian ditambahkan oleh Ibu Maharani, S.Si dan Ibu Hj. Madinah Pulungan, S,Ag (Panitera PA Sibolga).

Sosialisasi hasil pembinaan dari Ketua Mahkamah Agung dan Dirjen Badilag tersebut antara lain:

Ketua PA Sibolga: “Hal-hal yang tidak boleh dilakukan hakim sebagaimana pesan dari Ketua Mahkamah Agung antara lain: sikap hakim yang terkesan mengintervensi hubungan antara kuasa hukum dengan kliennya dengan mengarahkan masyarakat pencari keadilan untuk lebih memanfaatkan Posbakum ketimbang advokat, hakim memerintahkan pihak untuk mencabut gugatannya, amar perkara permohonan yang melibatkan pihak ketiga, serta perihal aktif hakim dalam menentukan kompetensi relatif dari sengketa yang melibatkan banyak asset dan terletak di beberapa yurisdiksi pengadilan; Pada perkara dispensasi kawin agar keterangan anak didengar diluar kehadiran orangtuanya sebagaimana pesan dari Hakim Agung Kamar Agama (DR. Amran Suadi, SH, M.Hum, M.M.)”

Sekretaris PA Sibolga: “Petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) harus selalu berada ditempat, walaupun saat jam istirahat, makanya kemaren sudah kita buat jadwal piket ketika jam istirahat. Serta kinerja kita harus semakin ditingkatkan karena ini merupakan penilaian buat kita. Kepada tim website PA Sibolga agar lebih ditingkatkan dan diupdate lagi informasi-informasi yang ada pada website kita.”

Panitera PA Sibolga: “Kebijakan dan Regulasi Dirjen harus segera dibaca, direspon dengan cepat, dan segera diimplementasikan sehingga lingkungan Peradilan Agama tidak kalah dengan peradilan lainnya; Zona Integritas agar segera dicanangkan dan diterapkan; Kepatuhan pengisian SIPP agar selau diperhatikan oleh semua user; Website di PTA Medan dan PA se Sumatera Utara ditingkatkan dari dibawah 100 % menjadi 100% dan di update; (adminpasbga)

 

Selasa, 26 Maret 2019, Pengadilan Agama Sibolga mendapat kunjungan dari Tim Pembinaan Pengelolan Keuangan Badan Urusan Administrasi (BUA) Mahkamah Agung. Setelah sebelumnya beberapa Pengadilan Agama di wilayah PTA Medan mendapatkan kunjungan yang sama, kali ini Pengadilan Agama Sibolga mendapatkan kesempatan untuk pembinaan pengelolaan keuangan.

Tujuan dari dilakukannya Pembinaan Pengelolaan Keuangan berdasarkan Surat Tugas nomor ST-200/Bua.3/3/2019 adalah untuk tertib administrasi pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun 2019 di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia serta untuk mensukseskan program Reformasi Birokrasi di lingkungan Mahkamah Agung RI serta badan peradilan yang berada di bawahnya.

Berikut nama – nama Tim Pembinaan Pengelolaan Keuangan Badan Urusan Administrasi (BUA) Mahkamah Agung yang bertugas di PA Sibolga pada tanggal 26 Maret 2019 sampai 29 Maret 2019.

NO NAMA JABATAN
1 H. Yahudin, S.E., MM Kasubbag Pelaksanaan Anggaran II
2 Fadilah Roby Ulani, S.E Staf Biro Keuangan
3 Muhammad Syahrun, SHI Staf  PTA Medan
4 Johan Arifin Lubis Staf  PTA Medan

Sebelum melakukan pembinaan pengelolaan keuangan di Pengadilan Agama Sibolga, Tim yang terdiri dari empat orang tersebut disambut oleh Ketua Pengadilan Agama Sibolga, Mhd. Harmaini, S.Ag. S.H di ruangannya. Beliau mengucapkan terima kasih karena Pengadilan Agama Sibolga menjadi salah satu pengadilan agama yang dikunjungi oleh tim pembinaan. Beliau juga mengatakan semoga dengan adanya pembinaan tersebut menjadikan Pengadilan Agama Sibolga menjadi salah satu pengadilan agama yang tertib administrasi pelaksanaan anggaran dan belanja negara serta dapat mensukseskan program Reformasi Birokrasi di Lingkungan Mahkamah Agung RI dan Badan Peradilan yang berada dibawahnya.

Setelah disambut oleh Ketua Pengadilan Agama Sibolga, Tim Pengelolaan Keuangan Badan Urusan Administrasi (BUA) langsung melakukan pembinaan pengelolaan keuangan di Bagian Umum dan Keuangan Pengadilan Agama Sibolga.

Setelah selesai melakukan Pembinaan Pengelolaan Keuangan di PA Sibolga, tim pun bergerak untuk melaksanakan pembinaan di Pengadilan Agama Pandan. (adminpasbga)

Kamis (21/03/2019) bertempat di halaman Masjid Agung Kota Sibolga, Pengadilan Agama Sibolga diwakili oleh Ahmad Hidayatul Akbar, S.HI. M.H., (Hakim PA Sibolga) menghadiri penutupan MTQ ke 47 Kota Sibolga. Penutupan ini merupakan rangkaian acara dari acara Pelantikan Dewan Hakim, Pawai Taaruf, Pembukaan MTQ ke-47, perlombaan (musabaqoh) mulai dari Khattil Qur’an tulisan buku/naskah, Khattil Qur’an hiasan mushaf, Khattil Qur’an dekorasi, Tilawah Anak, Makalah Ilmiah Al-Qur’an, Hifzil Qur’an 1 juz, Syahril Qur’an, dan Tartil Qur’an.

MTQ ke-47 Kota Sibolga ini di ikuti sebanyak 4 kafilah dari masing-masing kecamatan se-Kota Sibolga yaitu Kafilah Kecamatan Sibolga Kota, Kecamatan Sibolga Sambas, Kecamatan Sibolga Utara dan Kecamatan Sibolga Selatan.

Bapak Drs. Sarfi Hutahuruk, Walikota Sibolga, dalam sambutannya sendiri menyampaikan makna dan tujuan pelaksanaan MTQ. MTQ katanya, dilaksanakan untuk membentuk umat Islam yang cerdas dan memahami Islam secara benar. Sehingga diharapkan umat Islam terhindar dari paham-paham radikal dan terorisme seperti yang baru saja terjadi dan mencoreng nama baik Kota Sibolga di mata dunia.

"Al Qur'an diturunkan sebagai petunjuk untuk menciptakan manusia yang bermanfaat bagi sekalian alam (rahmatan lil alamiin). Bukan sebaliknya menjadi perusak kerukunan dan alam, sebagaimana kaum-kaum radikal," katanya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan hasil musabaqoh seluruh cabang musabaqoh mulai dari peringkat I sampai peringat Harapan serta juara umum yang meraih juara terbanyak selama penyelenggaraan MTQ ke-47 Kota Sibolga. Setelah acara penyerahan piala bagi para juara serta uang pembinaan, acara dilanjutkan dengan penurunan bendera MTQ ke-47 Kota Sibolga oleh paskibraka Kota Sibolga. Acara pun selesai dan ditutup dengan pembacaan doa oleh Drs. Aswat Panjaitan, Ketua MUI Kota Sibolga. (adminpasibolga)

 

BannerMaker 10122018 114628