JoomlaLock.com All4Share.net

administrator

administrator

administrator

Email: عنوان البريد الإلكتروني هذا محمي من روبوتات السبام. يجب عليك تفعيل الجافاسكربت لرؤيته.

ad

Hari  Kamis (17/05/2018) pukul 08.00 WIB Pengadilan Agama Sibolga kedatangan tamu utusan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama (Ditjen Badilag). Tim tersebut datang dalam rangka assisment Eksternal terhadap implementasi Sertifikasi Akteditasi Penjaminan Mutu (SAPM) di Pengadilan Agama Sibolga. Tim yang datang tersebut yaitu Drs. H. Andi Kurniawan, M.M (Assessor dari PTA Jakarta) dengan didampingi oleh Drs. Khurtubi, M.H dan Syarwani, S.H dari PTA Medan.

Tim assessor eksternal yang bertugas sesuai Surat Tugas dari Direktur Jenderal Peradilan Agama Nomor 143/DJA/5/2018 tanggal 8 Mei 2018 melakukan penilaian standar Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama terdiri dari 4 Bab, 106 standar, 1.119 poin penilaian. Penilaian dilakukan dengan menilai poin penilaian pada masing-masing standar. Pelaksanaan asesmen atau penilaian dilakukan selama tiga hari dengan jadwal yang telah ditetapkan yaitu mulai tanggal 17 Mei 2018 sampai dengan tanggal 19 Mei 2018.

Kegiatan Assesment Eksternal tersebut diawali dengan Opening Meeting yang dibuka oleh Bapak Mhd. Harmaini, S.Ag, S.H, Ketua Pengadilan Agama Sibolga. Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Agama Sibolga menyampaikan bahwa PA Sibolga telah mulai berkomitmen untuk melaksanakan Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu ini sejak tanggal 30 Nopember 2017 yang lalu dan telah melakukan revisi dokumen SAPM pada tanggal 2 April 2018 yang lalu.

Selanjutnya Tim Assesor Eksternal diberi kesempatan untuk memperkenalkan diri yaitu Bapak Drs. H. Andi Kurniawan, M.M (Sekretaris PTA Jakarta) sebagai Assesor dan Drs. Khurtubi, M.H (Panitera PTA Medan) dan Syarwani, S.H (Panitera Muda Hukum PTA Medan) sebagai  pendamping assesor.

Bapak Assesor menyampaikan bahwa sebagaimana diketahui Bapak Dirjen Badan Peradilan Agama secara resmi memberlakukan Standar Baru Akreditasi Penjaminan Mutu PA/MS pada bulan Maret 2018 sehingga mau tidak mau semua dokumen yang ada harus diubah semua. Contoh umpamanya seperti pada penamaan Standar Operasional Prosedur (SOP) di admnistrasi Manajemen sekarang diubah menjadi Prosedur Mutu (PM).

Kalau dulu poin standar penilaian Manajemen ada 6 (enam) maka sekarang menjadi 10 (sepuluh), dulu di Kepaniteraan ada 71 standar sekarang sudah sekitar 60-an standar, kalau dulu ada 3 administrasi, sekarang ada 4 ditambah Sapras (Sarana dan Prasarana –red). Dan yang ditakutkan oleh teman-teman itu biasanya Sapras. Bagaimana keadaan kantor tidak prototipe. Jadi kami di sini tidak menilai prototipe atau tidak. Tidak harus baru tapi minimal ada.” Ujar Assesor dalam paparannya.

Assesor juga menyampaikan bahwa metode penilaian mereka berupa observasi, telusur berkas dan wawancara. Khusus wawancara dengan pimpinan akan dilakukan secara khusus pada hari ketiga asesmen eksternal.

as    aa

Akhirnya setelah 3 hari melaksanakan penilaian, agenda asesmen eksternal ditutup dengan Closing Meeting hari Sabtu (19/05/2018) pada pukul 15.30 WIB. Assesor bersama pendamping mengucapkan permohonan maaf jika selama melakukan penilaian ada hal-hal yang tidak menyenangkan atau tidak berkenan bagi seluruh warga PA Sibolga, apalagi karena penilaiannya dilakukan pada siang hari bulan Ramadhan 1439 Hijriyah. (AdminIT)

Sebagaimana intruksi dari Sekretaris Mahkamah Agung nomor 289/SEK/KS.00/05/2018 tanggal 18 Mei 2018 tentang upacara bendera dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional ke 110 Tahun 2018 maka Pengadilan Agama Sibolga mengadakan upacara peringatan tersebut di halaman Kantor Pengadilan Agama Sibolga pada hari Senin (21/05/2018) pada pukul 08.00 WIB.

Tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 110 tanggal 20 Mei 2018 adalah, “Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia di Era Digital.” dan bertujuan untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan kita sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan, menegakkan nilai-nilai demokrasi berlandaskan moral dan etika berbangsa dan bernegara, mempererat persaudaraan untuk mempercepat terwujudnya visi dan misi bangsa kita ke depan dalam bingkai Negara Republik Indonesia.

ss

Pada upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional tersebut bertindak sebagai Pembina Upacara adalah Ketua Pengadilan Agama Sibolga, Mhd. Harmaini, S.Ag, SH, dengan komandan Upacara Dedy Rahmansyah, MS. Upacara tersebut dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Pembina Upacara, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan naskah Pancasila oleh Pembina Upacara, Pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 oleh Ferrianto Tarihoran.

Selanjutnya pembina upacara membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika dengan penuh semangat dan mengingatkan agar memaknai peringatan ini sesuai tupoksi kita masing-masing.

“Selamat Hari Kebangkitan Nasional ke 110, mari memaknai peringatan tahun ini di lingkungan kita masing-masing, sesuai lingkup tugas kita masing-masing, untuk semaksimal mungkin memfasilitasi peningkatan kapasitas sumber daya manusia, terutama generasi muda, yang akan membawa kepada kejayaan bangsa di tahun-tahun mendatang.” Kata bapak Ketua ketika membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika tersebut.

Upacara peringatan kemudian diakhiri dengan pembacaan doa oleh Karno Sudirman, SE. Selanjutnya komandan upacara melaporkan bahwa Upacara telah selesai dan dibubarkan. (AdminIT)

PA SIBOLGA LANTIK PANITERA BARU

sumpah

Bertepatan pada hari Kamis (26/04/2018) sekitar jam 10.00 WIB, berlangsung di Ruang Tunggu Sidang, Pengadilan Agama Sibolga menyelenggarakan acara Pelantikan Panitera Pengadilan Agama Sibolga. Adapun pejabat yang dilantik adalah Hj. Madinah Pulungan, S.Ag, yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Panitera Muda Hukum pada Pengadilan Agama Pandan. Pelaksanaan pelantikan ini berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI No 836/DJA/Kp.04.6/SK/03/2018 tanggal 29 Maret 2018.

Mekanisme pelantikan diatur dalam Perka Badan Kepegawaian Negara Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Tata Cara Pelantikan dan Pengambilan sumpah / janji administrator, Jabatan Pengawas , jabatan Fungsional dan Jabatan Pimpinan Tinggi.

Rangkaian acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh saudara Hasran Harefa, Jurusita Pengadilan Agama Sibolga, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan pembacaan surat keputusan pengangkatan dalam jabatan oleh Siswoyo, S.Kom, Kasubbag Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana, Acara dilanjutkan dengan pengambilan sumpah/janji jabatan dan pembacaan naskah pelantikan oleh Bapak Mhd. Harmaini, S.Ag, SH, sebagai Ketua Pengadilan Agama Sibolga kemudian dilanjutkan dengan penandatangan berita acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan. Kemudian acara dilanjutkan dengan amanat dari Ketua Pengadilan Agama Sibolga dan diakhiri pembacaan doa oleh saudara Mulyadi Antori, SHI., Calon Hakim agar acara ini di Ridhai oleh Allah SWT.

Dalam amanatnya, Ketua Pengadilan Agama Sibolga, Mhd. Harmaini, S.Ag, SH, terlebih dahulu mengucapkan selamat  kepada ibu Hj. Madinah Pulungan, S.Ag. “Pertama dan terutama kami sebagai pimpinan mengucapkan selamat kepada ibu Hj. Madinah Pulungan, S.Ag atas dilantiknya menjadi Panitera Pengadilan Agama Sibolga sehingga menambah amunisi baru di Pengadilan Agama Sibolga untuk semakin baik kinerjanya dalam bidang pelayanan pada masyarakat”, Kata Ketua dalam amanatnya.

Ketua PA Sibolga juga mengingatkan untuk melaksanakan tupoksinya secara sungguh-sungguh karena Negara telah mempercayakan jabatan tersebut.

"Negara ini memandang ibu Hj. Madinah Pulungan, S.Ag cakap dan mampu melaksanakan tugas dan fungsi Panitera oleh karena itu bersungguh-sungguhlah dalam melaksanakan jabatan ini." kata beliau lagi.

Acara diakhiri dengan ucapan selamat dari seluruh hadirin dan foto bersama. Acara pelantikan ini disamping dihadiri oleh seluruh warga Pengadilan Agama Sibolga juga dihadiri oleh Ketua Pengadilan Agama Pandan, Hakim-Hakim Pengadilan Agama Pandan, dan Pegawai Pengadilan Agama Pandan serta rombongan. (Admin)

 

 pengawasan

Di antara fungsi Pembinaan dan Pengawasan yaitu menjaga agar pelaksanaan tugas lembaga peradilan sesuai dengan rencana dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan Mengendalikan agar administrasi peradilan dikelola secara tertib sebagaimana mestinya, dan aparat peradilan melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya.

Berdasar pada hal tersebut pada hari Selasa hingga Rabu (17/04/2018 sampai 18/04/2018) Hakim Pengawas Bidang (Hawasbid) Pengadilan Agama Sibolga melakukan pembinaan dan pengawasan di pengadilan Agama Sibolga sebagaimana surat tugas dari Ketua Pengadilan Agama Sibolga nomor: W2-A5/264/Kp.04.5/IV/2018 tanggal 4 April 2018.

Surat tugas ini adalah tindak lanjut dari Surat Ketua Pengadilan Agama Medan Nomor: W2-A/906/HK.00.1/II/2018 tanggal 29 Maret 2018 tentang Pelaksanaan  Pembinaan dan Pengawasan Semester I Tahun 2018.

Sebagaimana perlu diketahui bahwa hawasbid Pengadilan Agama Sibolga terdiri dari Mhd. Harmaini, S.Ag. SH sebagai Koordinator Pembinaan dan Pengawasan, Endang Rosmala Dewi, S.Ag M.Ag., sebagai Hakim Pengawas Bidang Kepaniteraan dan Ahmad Hidayatul Akbar, SHI., MH., sebagai Hakim Pengawas Bidang Kesekretariatan berdasarkan Surat Keputusan Ketua Pengadilan Agama Sibolga W2-A5/99/PS.03/III/2018 Tanggal 8 Maret 2018.

Pembinaan dan Pengawasan berpusat pada bagian Kesekretariatan dan Kepaniteraan serta sudah sejauhmana implementasi Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) di Pengadilan Agama Sibolga dengan metode telusur berkas, wawancara dengan petugas serta melihat langsung bukti di lapangan.

Sebagai Hawasbid Kepaniteraan, Ibu Endang Rosmala Dewi, S.Ag M.Ag., memeriksa di bagian Kepaniteraan dan Kepaniteraan Hukum, sedangkan Bapak Ahmad Hidayatul Akbar, SHI., MH., memeriksa di bidang Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana, Bidang Umum dan Keuangan serta bidang Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan. (Admin)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ss

Kamis (29/03/2018) Pengadilan Agama Sibolga mengadakan acara penutupan praktek hukum lapangan mahasiswa Jurusan Akhwal Syaksiyah Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidempuan Tahun 2018. Acara tersebut dihadiri oleh 8 orang mahasiswa semester 8 (delapan) yang berhasil menyelesaikan praktek hukum lapangan di Pengadilan Agama Sibolga yaitu: Lila Santi Hasibuan, Miftahul Marzuki Arsjah, Zul Fahri, Ekka Sari Ramadani Harahap, Sahriani Siregar, Rina Rizky Nasution, Fahrul Gunawan Sinaga dan Fitri Handayani.

Delapan orang Mahasiswa yang berpraktek hukum di Pengadilan Agama Sibolga melakukan pratek hukum lapangan sejak tanggal 1 Maret 2018 – 29 Maret 2019. Mereka diberi kesempatan untuk mempelajari secara langsung proses penyelesaian perkara, pelaksanaan administrasi dan teknis mulai dari penerimaan perkara hingga perkara diputus. Mereka juga diberi kesempatan untuk hadir pada persidangan yang dipimpin oleh Majelis Ketua. Selain mahasiswa tersebut wajib hadir dan diabsen, mereka juga diberikan pengetahuan dan ilmu di setiap kesempatan oleh bapak Ketua Pengadilan Agama Sibolga, Mhd. Harmaini, S.Ag S.H. serta Ibu Endang Rosmala Dewi, S.Ag., M.Ag., sebagai pembimbing (pamong) selama praktek hukum lapangan.

Acara yang diadakan di ruang sidang Pengadilan Agama Sibolga tersebut dihadiri juga oleh Dosen Pembimbing praktek hukum lapangan yaitu DR. Ali Satih (Dosen IAIN Padangsidempuan) dengan ditemani oleh Risalan Basri (Kepala Sub Bagian Umum IAIN Padangsidempuan). Acara dimulai pada pukul 14.00 WIB dibuka oleh MC oleh Fahrul Gunawan Sinaga  kemudian dilanjutkan dengan pembacaan kalam Ilahi oleh Lila Santi Hasibuan, pesan dan Kesan yang diwakili oleh Zul Fahri dan Sahriani Siregar kemudian kata sambutan oleh DR. Ali Satih, dan arahan dari Bapak Ketua Pengadilan Agama Sibolga, dan penyerahan Sertifikat secara simbolis diterima oleh Rina Rizky Nasution.

Dalam arahannya Ketua Pengadilan Agama Sibolga menyampaikan kepada seluruh mahasiswa agar jangan mudah puas dengan pendidikan yang ditempuh sekarang. Jika sekarang menyelesaikan Strata Satu maka segera ambil kuliah lagi strata dua serta teruslah belajar sebanyak-banyaknya. “Perbanyaklah menuntut ilmu, perbanyak membaca buku-buku, jangan mudah puas dengan apa yang didapatkan sekarang ini. karena di masa akan datang peluang untuk menjadi hakim semakin sulit dan bersaing. Oleh karena itu jadikanlah diri kita ini menjadi Sumber Daya yang memiliki kualitas mumpuni. Sertifikat kelulusan yang akan kalian terima ini hanyalah awal dari perjuangan berat kalian jika ingin menjadi hakim suatu saat nanti.” Begitu kata Bapak Ketua dalam arahannya.

pamit

Acara kemudian ditutup dengan doa yang dibawakan oleh Miftahul Marzuki Arsjah dan para mahasiswa beserta dosen pembimbing pun pamit mohon diri.

الصفحة 1 من 15

Aplikasi Mahkamah Agung RI

Newsletter

ingin berita dan artikel kami yang terbaru silahkan masukkan email anda di bawah ini
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…