JoomlaLock.com All4Share.net
PENGADILAN AGAMA SIBOLGA ADAKAN PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA KE-89

ss

Demi memperingati hari sumpah pemuda ke-89, Pengadilan Agama Sibolga mengadakan upacara bendera pada hari Jumat, 27 Oktober 2017 di halaman Kantor Pengadilan Agama Sibolga sebagaimana intruksi dari Sekretaris Mahkamah Agung nomor 939/SEK/HM.01.2/10/2017 tanggal 25 Oktober 2017 sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran dari Menteri Pemuda dan olahraga RI nomor 10.13.1/MENPORA/DII/X/2017 tanggal 13 Oktober 2017 tentang Peringatan hari sumpah pemuda ke 89 tahun 2017.

Upacara peringatan hari sumpah pemuda ke 89 tersebut, bertindak sebagai pembina upacara adalah Ahmad Hidayatul Akbar, SHI, MH (Hakim PA Sibolga) sebagai PLH Ketua PA Sibolga sebagaimana surat penunjukan nomor W2-A5/442/KP.04.6/X/2017 tanggal 24 Oktober 2017 karena Ketua PA Sibolga sedang mengikuti pendidikan dan pelatihan sertifikasi hakim ekonomi syariah di Megamendung, Kabupaten Bogor.

Upacara dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB tersebut dihadiri oleh Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional, Pegawai serta Pegawai pemerintah non pegawai negeri (PPNPN) dan upacara diawali dengan penghormatan kepada pembina upacara oleh Komandan Upacara, kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh pembina upacara, kemudian pembacaan teks Pancasila, Pembacaan UUD 1945, Pembacaan Keputusan Kongres Pemuda Indonesia tahun 1928 dan amanat pembina upacara.

Dalam amanatnya pembina upacara membacakan sambutan dari Menteri Pemuda dan Olahraga RI mengingatkan tentang perjuangan dari 71 pemuda dari berbagai suku, daerah dan bahasa yang berbeda untuk datang bertemu di Jakarta untuk mengikrarkan diri sebagai satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa yaitu Indonesia. Yang mana nantinya 17 tahun kemudian ikrar ini melahirkan proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2017.  

Walaupun jauh dan beratnya perjalanan pada saat itu yang hanya bisa menggunakan transportasi laut serta perbedaan bahasa dan budaya tidak melemahkan para pemuda melaksanakan kongres pemuda ke-2. Terbukti dari daftar hadir yang bisa kita baca terdapat nama Mohammad Yamin, Pemuda kelahiran Sawahlunto, Sumatera Barat dan adapula Johannes Leimena, Pemuda dari Ambon, Maluku serta Katjasungkana dari Madura dan Cornelis Lefrand Senduk, pemuda dari Sulawesi. Maka patutlah pemuda jaman sekarang bersyukur dan menjaga serta mengisi kemerdekaan Republik Indonesia ini dengan tujuan yang besar yaitu keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Mari kita kukuhkan persatuan dan kesatuan Indonesia. Stop segala bentuk perdebatan yang mengarah pada perpecahan bangsa. Kita seharusnya malu kepada para pemuda 1928 dan juga kepada Bung Karno karena masih harus berkutat di soal-soal ini. Sudah saatnya kita melangkah ke tujuan yang lebih besar yaitu mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.” kata Pembina Upacara dalam amanatnya.

Setelah amanat dari pembina upacara, acara dilanjutkan dengan pembacaan doa, penghormatan kepada pembina upacara kemudian pembina upacara meninggalkan lapangan upacara dan barisan dibubarkan. (admin)

Last modified on الجمعة, 27 تشرين1/أكتوير 2017 15:29
Share this article

About author

administrator

Email عنوان البريد الإلكتروني هذا محمي من روبوتات السبام. يجب عليك تفعيل الجافاسكربت لرؤيته.

Leave a comment

Aplikasi Mahkamah Agung RI

Newsletter

ingin berita dan artikel kami yang terbaru silahkan masukkan email anda di bawah ini
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…